Cari Blog Ini

Kamis, 31 Mei 2012

Tugas Kewirausahaan Bapak M. Munir, M.Pd




PROPOSAL USAHA

Judul

LOGO





Mata Kuliah
KEWIRAUSAHAAN MDU213


Nama NIM


Program Studi....................
Fakultas Teknik
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
TAHUN 2012

A.    KETENTUAN
1.                                          Sifat Tugas Individu
2.                                          Dikumpulkan paling lambat Rabu  20 Juni 2012.

B.     FORMAT
Penulisan proposal usaha harus memenuhi format sebagai berikut:
1.      Ukuran kertas     : A 4
2.      Warna sampul    :
  1. HIJAU  UNTUK KELAS E
  2. BIRU UNTUK KELAS F
  3. KUNING UNTUK KELAS G
  4. BENING UNTUK KELAS A
  5. MERAH UNTUK KELAS  B
  6. COKLAT UNTUK KELAS D

3.      Font                    : Arial – 11
Spasi                   : 1,5
C.    SISTEMATIKA PROPOSAL
Halaman Sampul (seperti contoh cover)
Daftar Isi
BAB. I.  PENDAHULUAN
A.  Judul Kegiatan: Uraikan secara singkat dan jelas jenis kegiatan /usaha yang akan dilakukan.
B.  Status Usaha: Jelaskan status usaha yang akan dilakukan, usaha baru atau pengembangan.
C.  Rasional Kegiatan: Uraikan secara jelas alasan yang melatar-belakangi dipilihnya kegiatan usaha yang akan dilakukan,
D.  Tujuan Kegiatan: Uraikan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan usaha yang akan dilakukan.

BAB. II. METODE PELAKSANAAN
A.  Produk: Uraikan jenis produk (barang/jasa) yang akan dijual, karakteristik produk dan kualitas.
B.  Bahan Baku:  Uraikan jenis bahan baku yang akan digunakan untuk produksi, tingkat ketersediaan bahan baku, prosedur perolehan bahan baku. Sumber bahan baku.
C.  Proses Produksi: Uraikan alur proses produksi, teknologi yang digunakan, ketrampilan tenaga kerja yang dibutuhkan, jumlah tenaga kerja yang terlibat.
D.  Pemasaran: Uraikan dengan jelas katagori/kelas dan perkiraan jumlah konsumen yang dibidik, strategi pemasaran yang dilakukan, sebutkan daerah cakupan pemasaran lokal/regional/nasional.
E.   Tempat Produksi: uraiakan dengan jelas alamat tempat usaha dilakukan, jelaskan karakteristik tempat usaha, uraikan pula pengaruhnya terhadap prospek usaha.

BAB. III. TARGET LUARAN
A.  Target produk: Uraikan jenis produk (barang/jasa) yang akan dijual dari segi kuantitas yang akan ditawarkan.
B.  Target konsumen: Uraiakan jenis dan jumlah calon sasaran yang ditargetkan akan menjadi konsumen.
C.  Target pendapatan: Uraikan jumlah pendapatan yang ingin dicapai.
BAB.IV. RENCANA BIAYA
A. Rencana biaya usaha: Jelaskan secara rinci rancangan usaha yang akan dilakukan , perhitungan pembiayaan bahan baku, tenaga kerja, alat produksi, harga jual, dan prediksi aliran kas.
B. Rancangan Pengembangan & Investasi:  Uraikan rencana pendapatan yang akan diperoleh dan akan digunakan untuk pengembangan modal usaha, jumlah rupiah yang dapat disetor untuk pengembalian modal.


BAB. V. POTENSI KHUSUS
A. Peluang Komersial: Uraikan peluang komersial dari produk yang akan dijual/ditawarkan
B.  Peluang Patent atau Haki: Uraikan peluang produk yang akan dibuat untuk memperoleh patent atau Haki
C. Peluang Legalitas: Uraikan peluang untuk memperoleh legalitas usah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar